Kamis, 24 September 2015

Hakikat sholat

0

Bismillahirrahmanirahiim
Islam adalah agama yang Haq. Tak ada satu pun keraguan di dalamnya. Yang diajarkan dari jaman dahulu hingga sekarang pastilah menjadi bukti kebenaran akan Islam sebagai agama yang benar dan langsung bersumber kepada Allah sang Pemilik Alam. Jika pun kemudian sekarang ada beberapa hal yang masih kita tak mengerti dan tak paham,itu lantaran kita yang kurang ilmu dan belum sampainya pemahaman kita. Dan mungkin di masa nanti pastilah akan ditemukan bukti kebenaran nya.
Tak terkecuali dalam sholat. Ternyata sholat dan gerakannya bukanlah sesuatu yang sembarangan yang Allah ajarkan. Mungkin sudah menjadi pengetahuan kita bersama bahwa setiap gerakannya mengandung maksud dan bermanfaat demi kesehatan badan kita. Ini tak diragukan lagi. Sudah banyak yg membahas hal ini.
Namun kali ini saya akan sedikit membahas gerakan sholat dari sudut pandang yang lain. Allah adalah sumber dari segala mahkluk. Dia adalah raja dari segala raja. Maka Allah lah yang pasti paling tinggi kekuasaan nya. Dan apakah yang diperintahkan beribadah kepada Allah hanyalah manusia saja??
Pastilah tidak. Karena pastilah seluruh mahkluk pun wajib beribadah kepada Allah sebagai tuan nya, sebagai Rabb nya, sebagai pencipta nya. Dan bicara mahkluk,pengertian mahkluk bukan hanya yang bernafas saja. Melainkan apapun selain Allah itu adalah mahkluk. Karena semuanya Allah lah yang menciptakan. Dari waktu, langit, bumi, bulan, bintang, matahari, pohon, binatang, malaikat, manusia, jin dst. Ini semua adalah mahkluk. Jika mahkluk,berarti wajib menyembah Allah
Inilah maksud dari surat Al hajj :18
“Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? Dan banyak di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.”
Jelas di ayat di atas disebutkan bahwa seluruh mahkluk bersujud. Dan ngomong tentang sujud, berarti ini adalah esensi ibadah, karena semua mahkluk diperintahkan untuk bersujud kepada Allah.
Lebih jauh bisa kita artikan. Bahwa sujud adalah bentuk ibadah yang paling nyata, berwujud dan membutuhkan tindakan. dan alam raya ini pun berarti melakukan ibadah yg kemarin”Seragam” dengan cara bersujud. Untuk membuktikannya kita lihat benda2 langit.
Planet berputar pada porosnya, demikian pula bulan, bintang pun juga berputar pada porosnya. Galaksi juga berputar. Bahkan matahari pun juga berputar kepada pusat galaksi. Dan kita manusia mengetahui bahwa banyak hal di dunia ini bergerak karena ada putaran.
Jam (karena berputarnya gerigi , mobil (karena berputarnya roda), bahkan setiap molekul pun berputar sebagai bentuk aktivitas nya. Ini menandakan bahwa BERPUTAR ada sebuah hal paling mendasar dari semua hal di alam raya.
Artinya berputarnya benda2 di seluruh alam raya ini adalah bentuk sujud mereka kepada Allah. Disinilah kita akan memahami kenapa kita disuruh sholat.
Coba perhatikan baik2. Sholat itu terdiri dari 3 gerakan utama di tambah 2 gerakan jeda. Dan 2 gerakan tambahan/ ikutan.
>>3 gerakan utamanya adalah Berdiri tegak, Rukuk dan Sujud.
>>2 gertakan jeda adalah i’tidal dan iftirosy (duduk antara 2 sujud)
>>2 gerakan tambahannya adalah duduk tahiyat dan salam.
Dan sungguh hebat Allah dan Rasulullah mengajarkan kepada kita tentang islam 3 gerakan utama ini lah yg kemudian akan menyebabkan kita berputar yang artinya “SUJUD” dalam menyembah Allah bersama dengan seluruh komponen alam raya.
Karena dalam matematika:
>Berdiri tegak bernilai 180○
>> Rukuk bernilai 90○
>>>Dan sujud bernilai 45○
Jika ditotal menjadi 180+90+45=315○. Itulah kenapa sujud kita dalam sholat adalah 2x. Karena untuk melengkapi 315○ ini menjadi 360○
Sehingga sempurna 180+90+45+45=360○. Dan kita tahu bahwa sudut 360○ adalah sudut putar sempurna. Dan dalam dunia astrofisika kita pun mengetahui bahwa benda langit yang tidak berputar adalah benda langit yang MATI.
Itulah kenapa dalam sholat jenazah kita diajarkan untuk tidak rukuk dan tidak sujud. Karena itu mensimbolkan MATI.
Tidak bergerak = tidak membentuk sudut = 0 derajat = Mati.
Maka jika kita ingin hidup maka sholatlah agar kamu masih dikategorikan sebagai manusia yang sujud alias berputar.Berputar bersama dengan benda langit dan seluruh mahkluk di alam raya untuk menyembah Allah
Islam itu Indah, Islam itu Cerdas, Islam itu Mudah. Selamat belajar Tentang Islam.

Lokasi: Batang Hari Regency,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com